Beberapa Hal Yang sebaiknya Kamu Hindari Selama Berpuasa


Assalamualaikum Sobat Ruang, Bagaimana kabar puasa Ramadhan kalian tahun ini, apakah banyak cobaan dan rintangan, atau banyak berkah dan kemudahan? Apapun itu, asal hati tetap bersih terjaga, susah ataupun senang, tentu bukan hal yang perlu dihiraukan. Semoga Tuhan selalu menolong kita untuk selalu bisa mengingatnya, untuk selalu bisa bersyukur bagaimanpun kondisi keadaan kita, dan membantu kita untuk bisa beribadah lebih baik lagi kepadanya...aamiin

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin share sebuah tulisan tentang "Beberapa Hal Yang sebaiknya Kamu Hindari Selama Berpuasa ", beberapa hal yang sebenarnya berasal dari pengalaman pribadi, dan saya yakin banyak dari sobat ruang yang juga mengalami ini :D


Beberapa Hal Yang sebaiknya Kamu Hindari Selama Berpuasa.

  1. Tidur Setelah Sahur / Shalat Subuh
  2. Jika awal-awal puasa kita sudah mulai membiasakan diri untuk tidur setelah sahur atau shalat subuh, boleh saya bilang ini pertanda buruk pada Bulan ramadhan yang akan kamu jalani. Selain menjadi kebiasaaan buruk yang akan sulit didhilangkan, akan banyak hal positif yang akan terlewatkan. Padahal pagi hari adalah awal semangat baru untuk satu hari kedepan, apalagi bagi para pekerja, tidur setelah sahur / subuh merupakan hal sangat tidak menguntungkan.

    Untuk mengatasi ini, carilah kegiatan yang berkaitan dengan hobi atau kegemaran, atau kalau hobi kalian tidak ada yang bisa diterjemahkan pagi hari, mungkin kalian bisa akali dengan jalan-jalan pagi misalnya, nonton acara tv yang berkualitas (nonton berita akhir2 ini tidak dianjurkan), atau ikut kajian jika ingin ramadhannya lebih berkah, mengaji alquran, atau berbagai hal positif lainnya.

    Bukankah tidur pada saat berpuasa adalah suatu kebaikan?

    Menurut saya bangun dan bekerja jauh lebih baik selama berbpuasa ramadhan. Takut gibah, takut pahala berpuasa berkurang, ya, itu seimbang, semakin baik derajat kebaikan, semakin tinggi pula rintangan dan cobaan...silahkan dipilih.

  3. Dengerin Music Berlebihan dan Nonton Film
  4. Bagi yang tidak ada kerjaan selama ramadhan, (biasananya para pelajar :D), terkadang kita memilih menghabiskan pagi, siang, sore bahkan malam dengan dengerin music atau notnon film, apalagi yang suka serial-serial drama korea, beuh parah dah.

    Dengerin music berlebihan sebenarnya kurang bagus, selain melalaikan, beberapa jenis music juga ada yang kurang baik buat pencernaan. Dalam islam, kebolehan musik juga masih dipertentangkan.

    Nonton film, menurut saya tidak semua jenis film, tapi untuk film-film keluaran holywood dan film indonesia hantu abal-abal, biasanya selalu di selangi dengan hal-hal yang sungguh tidak bersahabat dengan puasa Ramadhan, intinya tidak bersahabat dengan islam. Film-film jenis animasi terkadang bisa menghibur sejenis Beemovie, wall-e, etc lah.

    Acara-acara tv nasional juga banyak yang kurang baik buat kesehatan mental. Katanya lawakan,tapi cuman hinaan yang ditertawakan ringan, Katanya tv berita, eh cuman pencitraan yang memuakkan, Katanya tayangan bernuansa islam, tapi lebih terlihat seperti hiburan :D

    Maka jadilah penonton cerdas,karna penonton cerdas adalah penonton yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran...right?

  5. Begadang Jangan Begadang
  6. "Begadang jangan begadang, kalu tiada artinya, begadang boleh sajaaa haaa aa, kalau ada perlunya" saya petikkan lyric lagu bang haji. Benar sekali, mau lagi puasa ramadhan atau hari-hari lainnya, begadang tetap saja kurang baik buat kesehatan, dalam islam-pun nabi tidak pernah mencontohkan untuk tidur larut malam.

    Tapi saya begandangnya buat ibadah, buat baca alqur'an.

    Menurut saya pribadi, tetap saja begadang ya begadang. Jika ingin mengaji alquran, spertiga malam ramadhan setelah istirahat saya rasa cukup baik waktunya (ane belum pernah yang ini ), atau setelah shalat subuh, atau waktu-waktu yang lain bisa saja kan. Sampai jam 10 atau 11 malam mungkin masih wajar, tapi ditempat saya ada yang sampai jam 2 pagi, bahkan jam 3 di masjid, eit saya tidak bermaksud menyalahkan, saya hanya menawarkan sebuah pertimbangan.

    Saya begadang nonton bola....gooooooaaal

    Begadang selama ramadhan berpengaruh sekali untuk point no.1. Jadi bijaknya, tetap jaga kesehatan selama berpuasa ramadhan ok.

  7. Makan dan minum berlebihan selama berbuka
  8. Jangan salah, banyak yang berpuasa menyimpan dendam sejak waktu imsyak datang, dendam yang terbalas lunas ketika waktu berbuka puasa datang, ya dendam pada makanan, orang pedendam jenis ini biasanya makan dan minum sampai hampir tidak bisa bernafas karena kekenyangan,,Apakah sobat termasuk pendendam type ini?

    Pada kesempatan sebelumnya saya pernah share tulisan "Makanan yang sebaiknya dihindari ketika berbuka", dan "Makanan sehat untuK buka dan Sahur"

    Selain akan mengahalangi kita untuk berbibadah dengan baik dan khusuk, kekenyangan juga sangat tidak bagus untuk kesehatan kalian.


Demikian beberapa hal yang sebagaiknya dihindarkan semalam berpuasa ramadhan, semoga bermanfaat, dan kita bisa menjalani ibadah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lainnya dengan baik dan lancar. Segala bentuk keurangan dalam tulisan ini tentunya berasal dari saya pribadi, mohon dimaafkan.
Wassalamualakum

Comments

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.

Zikir dan Doa Pada Hari Jumat dan Malamnya