Makanan dan Minuman Yang Sebaiknya Di Hindari Saat Berbuka

makanan-berbuka-sahur

Assalamualaikum warohmatullah Wa Barokaatuhu

Bagi temen temen yang kebetulan mampir di blog ini berikut saya berbagi tips sehat selama bulan ramadhan yakni tentang beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya di hindari ketika berbuka puasa, demi kelancaran ibadah malam kita tentunya.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa.

  • Makanan Dengan Kada Gula Tinggi
    Ini tidak termasuk buah Kurma yang di sunnahkan nabi. Bagi penderita diabetes, sangat tidak dianjurkan menkonsumsi makanan seperti tinggi seperti kolak, biji salak, es teler, es buah, coklat, cake dalam jumlah berlebihan, karna Menurut medis, gula darah saat puasa adalah normal. Jika saat berbuka diberikan makanan atau minuman manis, hal tersebut akan membuat gula darah melonjak secara drastis dan berbahaya bagi penderita diabetes. Jadi, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman manis langsung saat berbuka ya

  • Hindari Minum Es
    Bagi sebagian orang, hidangan serba dingin merupakan menu wajib kala berbuka puasa, tapi tahukah anda bahwa meminum Es ternyata dapat mengahambat tubuh menyerap sari-sari makan yang sudah kita konsumsi. Es Juga dapat memberikan efek kenyang berlebihan, sehingga tubuh akan malas menkonsumsi makanan bergizi lainnya.

  • SabarrrrR-Jangan Makan Besar Dulu
    Hindari makan besar dulu seperti nasi dan lauk pauk pada saat berbuka, selain tubuh yang tidak siap mencerna makanan tersebut, ini akan berakibat rasa malas untuk beribadah tarawih dan ibadah-ibadah malamyang lainnya,,,hmmm sayang kan, ramadhan cuman sekali setahun.


  • MakananYang Dapat Merusak dinding Lambung
    Makanan yang mengandung cuka, pedas, merica dapat berdampak negatif pada dinding lambung, apalagi di konsumsi ketika berbuka saat lambung masih kosong.


Itulah beberapa tips sehat hidangan berbuka, terahir satu tips pamungkas dari saya tentang hidangan berbuka puasa, apapun makanannya asal jangan terlalu berlebihan insyaallah berkah dan sehat.

Sekian Wassalamualaikum warohmatullah Wa Barokaatuhu





Comments

  1. Bismillah,
    menu buka puasa di rumah saya hari ini adalah sayur bayam "kelak manis" dan sambal terasi.

    Yang pasti buka sekedar pakai kurma dan air putih dlu, baru nanti habis shalat buka dngan makan nasi + lauk yang saya sebutkan di atas.

    Bang kiral Moerad berminat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sambal terasi kayaknya pas buat menuntaskan lapar seharian... he

      Delete
  2. Menambahkan, sepertinya ada sedikit kesalahan penulisan alamat e-mail dibagian "hubungi saya" pada sidebarnya, seharusnya @rocketmail.com tapi hanya ditulis @rocetmail.com.

    Hehehe, takutnya ntar orang yang ngirimin bang Kiral Moerad e-mail malah gak nyampe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha thanks banget Ben,,,,segera di koreksi

      Delete
  3. waduh liyat gambarnya! heu
    semoga tidak kepancing untuk buka puasa :D

    ReplyDelete
  4. wah... point pertama dan kedua itu justru yg sering sy konsumsi saat berbuka. Makanan manis seperti kolak dan es... ternyata... hadeuh.
    Makasih infonya bang. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]