Makanan dan Minuman Sehat pas Buka dan Sahur

Hidangan-Berbuka-dan-Sahur

Assalamualaikum Warohmatullah Wa Barokaatuhu

Pada kesempatan sebelumnya saya pernah share di blog ini tentang Beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya di hindari pas berbuka puasa. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips tentang makanan dan minuman yang sebaiknya di konsumsi, untuk kesehatan agar puasa bisa lancar dan tentunya akan memperlancar ibadah ibadah yang lain juga.

Berikut adalah beberapa jenis makanan konsumsi wajib ketika berbuaka dan sahur.

  • Utamakan mengonsumsi air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa. 
  • Konsumsi vitamin dan minuman elektrolit, misalnya air kelapa, untuk menggantikan elektrolit dalam tubuh selama berpuasa. 
  • Makan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka. Atau kalau mau praktis, bisa juga mengonsumsi jus buah. 
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya serat. 
  • Konsumsi menu dengan karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menstabilkan gula darah dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama.
Tips++
Ketika berbuka sebaiknya buka dengan air putih/air kelapa kemudian makan makanan yang ringan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan ibadah shalat magrib terlebih dahulu. Jika bisa bersabar makan besarnya bisa dilakukan selesai shalat Tarawih, saya sendiri makan besar biasanya habis shalat magrib. Tips ini menurut saya sangat bermanfaat, karna bisa menghilangkan rasa malas untk tarawih nantinya, dan yang paling penting kita tidak ketinggalan jamaah magrib di masjid tentunya.

Sekian semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warohmatullah Wa Barokaatuhu

Comments

  1. air putih. itu da ngk bisa dipisahkan lg sama hari2 gue :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. bang kiral Moerad, saya koq mulai bingung dengan banyaknya link-link yang "gak jelas" arahnya dan kata yang digunakan dengan link yang dituju koq terlihat gak sinkron, jadi menimbulkan kesan aneh. memang bagus sih tapi sepertinya mulai terlihat agak berlebihan. Hehehehe. Contohnya seperti air kelapa Apa hubungannya coba antara air kelapa dengan postingan di aku ingin menjadi sejarah indah? Kesan yang terpintas di benak saya seperti link yang dipaksakan untuk menambah page view saja, saya rasa link seperti ini baiknya dikurangi saja karena sudah ada di bagian tags archive, kalaupun mau ditaruhkan ya sebaiknya kontent teks dan linknya yang nyambung, maaf banyak komen bang, hanya menyampaikan pendapat saja. udah capek ngetik nih, ditunggu kunjungannya ke halaman rumah saya juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan atas ketidak nyamanannya Mas Khaerul....yang jelas ada tujuannya,,,,dan udah dipertimbangkan..he

      Delete
  4. nice article, very helpfull & usefull. Bila anda ingin tips memilih, merawat dan memperbaiki mesin roti / bakery. klik aja di FIKRI TEKNIK salam kenal & good luck....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.

Keutamaan Pemuda Dalam Islam