Sikap Ketika Mendapatkan Pujian

Sikap-Ketika-mendapat-Pujian

Salam alikum sobat Ruang, pada kesempatan yang baik ini saya ingin petikkan beberapa mutiara hikmah yang ada di Kitab Al-Hikam [Ibn-Atha'ilah al-Iskandari] yang berkaitan dengan Sikap Kita Ketika Mendapat Pujian, semoga menjadi bahan renungan kita bersama.

136. " Orang yang menghormatimu sebenarnya menghormati indahnya tutup (hijab) Allah yang diberikan kepadamu. Oleh karena itu, pujian hanya layak diberikan kepada Dia(Rabbul izzati) yang menhijab (menutupi) Aibmu, bukan kepada orang yang menaruh hormat dan berterimakasih kepadamu."

144. "Orang-orang memujimu atas apa yang mereka sangka ada pada dirimu. Karena itu, celalah dirimu atas apa yang kau ketahui ada pada dirimu."

145. "Seorang mukmin ketika di puji, akan malu kepada Allah, karena ia dipuji dengan sifat yang tidak ia dapati pada dirinya."

146. "Sebodoh-bodoh manusia adalah orang yang meninggalkan keyakinannya, karena mengikuti sangkaan Orang-orang."

147. Jika kau mendapat pujian, sedangkan kau tidak layak atasnya, pujilah Allah sebagai Dzat yang memang layak menyandangnya.

Tambahan : Doa Ali ra.
Ali ra. Sering berdoa. " Ya Allah, jadikan kami lebih baik daripada apa yang mereka kira, dan jangna tuntut kami dengan apa yang mereka katakan tentang kami, ampuni dosa kami atas apa yang mereka tidak ketahui."
 

Comments

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]