Pokok Dari Semua Maksiat

Poko-dari-maksiat

Salam alaikum sobar ruang
Udah berasa lama tidak menulis di blog Ruang, terima kasih untuk neng +Rizky hasti  yang udah mau bantu-bantu buat ngisi konten di blog ini. Buat temen-temen yang ingin berbagi, sangat dipersilahkan untuk menulis di blog ini, semoga ini bisa dihitung sebagai sebauh amal kebajikan....aamiin

Pada kesempatan ini, saya ingin mengutip sebuah pesan indah dari Ibnu Atha'illah dari kitab alhikam karangan beliau.

"Pokok dari semua maksiat dan kelalaian serta syahwatt itu adalah karena ingin memuaskan hawa nafsu (menuruti hawa nafsu). Sedangkan pokok dari segala ketaatan, kesadaraan dan keseponan ahlak budi adalah karna pengekangan(menahan) hawa nafsu"

Sebagaimana Firman Allah
"Aku tidak mengakui kebersiahan diriku, karna hawa nafsu itu selalu mengajak(menyuruh) kebapada kejahatan, kecuali kepada siapa saja yang mendapatkan rahmat(pertolangan) Tuhan, Sungguh Tuhanku maha pengampun lagi penyayang". (Yusuf : 53)

Abu Hafs berkata
Siapa yang tidak menuduh hawa nafsunya sepanjang masa dan tidak menentangnya dalam segala hal, dan tidka menariknya kejalan kebaikan, maka ia telah tertipu. Dan siapa yang memandang kepadanya dengan merasa sudah baik berarti dia telah membinasakannya.

Al-Junaid berkata:
"Jangan mempercayainya hawa nafsumu meskipun ia telah lama taat kepadamu, untuk beribadat kepada Tuhanmu"

Al-Bushiry dalam Burdahnya berkata :
"Tentang selalu hawa nafsu dan syaitan dan jangan menurutkan keduanya, meskipun keduanya memerikan nasehat kepadamu untuk berbut kebaikan, tetap engkau harus curiga dan berhati-hati."

demikian, semoga ada manfaat, wassalamualaikum

Comments

  1. Benar sekali hawa nafsu adl kendaraan syaiton utk menyesatkan manusia... Sebagmn telah diingatkan manusia ttgnya, bhwa syaiton adl musuh besar manusia sepanjang sejarah... dan penangkal bagi hawa nafsu adl membersihkan diri dg memurnikan ketaatan kepdNya (mukhlishiina lahuddiin)
    Teringat firmaNya:
    "... Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya,kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka." (QS.38:82-53)

    ReplyDelete
  2. mantap,,, Terimakasih untuk admin, cy salah satu pengunjung setia lo di pojok motivasi.
    Seribu jempol untuk POJokMOTIVasi

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah kang Raden...semoga bermanfaat untuk kita semua #happy ramadhan

    ReplyDelete
  4. Bukankah Allah jua yang mencipta nafsu itu?Sebutlah banyak-banyak Lahaulawalaquwataillabillah.......kerana nyata kta tak mampu melawan ciptaan Allah kecuali Allah jua yang melawannya.Syaiton itu hanya satu tenaga yang akan bersama nafsu kalau orang yang digoncang diri dan iman nya tak dapat dikalahkan oleh nafsu.Ingat Syaitan juga adalah ciptaan Allah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.