Kelebihan Shalat berjamaah Shubuh Dan Isyak

Kelebihan-Shalat-subuh-isya

Salam alaikum Sobat Ruang, Alahmdulillah pada kesempatan yang baik ini, saya ingin share tentang Kelebihan Shalat berjamaah Shubuh Dan Isyak yang saya kutip dari Kitab Riyadhus Salihin, karangan imam Nawawi, judul sebenarnya adalah Anjuran Mendatangi Shalat Jamaah Shubuh Dan Isyak, jika anda ingin mendownload terjemahan kitab ini, pernah saya share pada postingan sebelumnya di DOWNLOAD TERJEMAHAN KITAB RIYADHUS SHALIHIN.

Dari Usman r.a., katanya: "Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya' dengan jamaah, maka seolah- olah ia mendirikan shalat separuh malam dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Subuh dengan jamaah, maka seolah-olah ia mendirikan shalat semalam suntuk." (Riwayat Muslim)

Dalam riwayat Imam Termidzi dari Usman r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa yang menghadhiri shalat Isya' dengan jamaah maka baginya adalah pahala mengerjakan shalat selama separuh malam dan barangsiapa yang bersembahyang Isya' dan Subuh dengan jamaah, maka baginya adalah pahala seperti mengerjakan shalat semalam suntuk." Imam Termidzi mengatakan bahwa ini adalah Hadis hasan shahih.

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Andaikata para manusia itu mengetahui betapa besar pahalanya mengerjakan niscayalah shalat mereka Isya' akan dengan berjalan merangkak". (Muttafaq 'alaih)
Hadis ini telah dahulu secara lengkapnya yang panjang. Lihat Hadis no. 1030.

Hadis 1030
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:
"Andaikata para manusia itu mengetahui betapa besar pahalanya berazan dan menempati saf pertama - di waktu shalat, kemudian mereka tidak menemukan jalan untuk memperolehnya itu melain-kan dengan cara mereka mengadakan undian, niscayalah mereka akan melakukan undian itu. Juga
andaikata para manusia mengetahui betapa besar pahalanya datang lebih dulu - untuk melakukan shalat, niscayalah mereka akan berlomba-lomba untuk itu. Demi-kian pula andaikata mereka mengetahui betapa besar pahalanya shalat Isyak dan shalat Subuh - dengan berjamaah, niscayalah mereka akan
mendatangi kedua shalat itu, sekalipun dengan ber-jalan merangkak."(Muttafaq 'alaih)

Alistiham artinya mengadakan undian dan Attahjir ialah datang paling awa!
untuk mengerjakan shalat - di masjid.

Dari Abu Hurairah r.a. pula katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Tidak ada suatu shalatpun yang terlebih berat dirasakan oleh orang-orang munafik itu daripada shalat Subuh dan Isya', tetapi andaikata mereka mengetahui betapa besar pahalanya kedua shalat itu, niscayalah mereka akan mendatanginya sekalipun dengan berjalan merangkak - ke tempat jamaahnya." (Muttafaq 'alaih)

Note :
Tentu kita harus tetap menjaga keikhlasan dalam beribadah dengan semata-mata karna Allah Ta'ala, bukan karna fadhilah amal yang kita kerjakan tersebut. Demikian Kelebihan Shalat berjamaah Shubuh Dan Isyak semoga bermanfaat. Wassalamualaikum

Comments

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.