Zikir dan Doa Pada Hari Jumat dan Malamnya

Assalamualaikum Sobat Ruang...

Zikir dan Doa Pada Hari Jumat dan Malamnya, Dianjurkan banyak membaca Al-Quran, beberapa zikir, dan doa pada hari Jumat dan Malamnya, dan banyak membaca shalawat atas Rasulullah, serta membaca surat al-kahfi pada hari jumat.

Dalam kitabnya Al-Umm, Imam Syafi'i mengatakan : Aku menyukai membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at.

Diriwayatkan dalam Shih Bukhari dan Muslim dari abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wasalam menyebut hari Jum'at lalu bersabda :


"Di dalamnya terdapat suatu saat yang apabila bertepatan dengan seorang hamba muslim sedang shalat ia memohon sesuatu kepada Allah Subhanahu WaT'ala, niscaya Allah akan memberikan kepadanya."

Beliau memberikan isyarat dengan tangannya waktunya sedikit.

Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu sedikit yang di isyaratkan Rasulullah. Imam Nawawi telah megnumpulkan pendapat-pendapat tersebut di dalam kitab Syarhil Muhazzab dan banyak sahabat mengatakan ia adalah sesudah Ashar.

Diriwayatkan dalam kitab ibnu sunni, dari Anas Radhiyallahu'anhu dari Nabi Shallallahu'alaihi Wasalam, bahwa beliau bersabda :

مَنْ قَالَ صَبِيْحَةَ يَوْمِ الْجُمُعَةِ قَبْلَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ: أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَهُ، وَلَوْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ.
" Barangsiapa mengucapkan pada pagi haru jum'at sebelum shalat Subuh : ' Aku mohon ampun kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain dia, yang hidup dan selalu mengurusi mahluk-NYA dam aku bertaubat kepada-NYA sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya, walaupun sebanyak buih air di laut."

Melalui Abu Hurairah, Ibnu Suni meriwayatkan bahwa, apabila Rasulullah memasuki masjid, beliau memegang kedua sisi pintu, lalu mengucapkan:

اللّهُمَّ اجْعَلْنِيْ أَوْجَهَ مَنْ تَوَجَّهَ إِلَيْكَ، وَأَقْرَبَ مَنْ تَقَرَّبَ إِلَيْكَ، وَأَفْضَلَ مَنْ سَأَلَكَ وَرَغِبَ إِلَيْكَ.
 "Ya Allah jadikanlah aku sebaik-baik orang yang menuju kepada-MU dan orang terdekat yang mendekatkan diri kepada-MU, dan orang yang paling utama yang memohon dan berharap kepada-MU"

Melaui Aisya Radhiyallahu'anhu, Ibnu sunni juga meriwaytkan sabda Nabi :

مَنْ قَرَأَ بَعْدَ صَلاَةِ الْجُمُعَةِ: قل هو الله أحد, وقل أعوذ برب الفلق, وقل أعوذ برب الناس‏ سَبْعَ مَرّاَتٍ، أَعَاذَهُ اللهُ بِهَا مِنَ السُّوْءِ إِلَى الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى.
"Barangsiapa membaca setelah shalat Jum'at: Qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlas), dan qul a'udzu birabbil falaq (surat al-Falaq), dan qul a'udzu birabbin nas (surat an-Nas) sebanyak tujuh kali, maka Allah subhanahu wata'ala akan melindunginya dari keburukan hingga hari Jum'at berikutnya."

Dianjurkan banyak berzikir kepada Allah Ta'ala, sesudah shalat Jumat, Allah Subhanahu Wata'ala berfirman :

"Apabila shalat telah selesai dilakukan, maka menyebarlah di bumi dan varilah keutamaan(rezeki) Allah sertabanyak berzikirlah kepada Allah, mudah-mudahan kamu berbahagia"  (QS. Al-Jumu'ah :10)

Demikian beberaoa Zikir dan dan Doa Pada Hari Jumat dan Malamnya, semoga bermanfaat dan kita diberikan kekuatan dan kefahaman Oleh Allah untuk bisa mengamalkannya.
Zikir dan Doa Pada hari Jumat dan malamnya ini, dikutip dari Kitab Al-Adzkar(Imam Annawawi).

Wassalamualaikum

Comments

  1. Alhamdulillah... akhirnya ketemu juga yang aku cari ... thanks Gan atas pencerahannya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Download Terjemahan Kitab Al-Hikam

Nasihat Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani