Abu Bakar Vs Ulama Yahudi

yahudi

Assalamualaikum Hep...

Berasa sudah lamaaa sekali dak pulang kerumah Pojok Motivasi ne, padahal baru beberapa hari saja dak ngeblog :D
Pada kesempatan pertama di tahun 2013 ini, ciye ciye udah tahun baru ternyata, semoga di tahun yang baru ini ada semangat baru, untuk bisa terus berbuat sesuatu yang positif dan bermanfaat untuk diri kita, keluarga, kerabat, sahabat, saudara seiman dan orang-orang lain yang tidak kita kenal diluar sana...aamiin

Abu Bakar Vs Ulama Yahudi merupakan kisah yang ingin saya bagi pada kesempatan yang baik ini. Pada blog ini memang sebelumnya saya telah banyak berbagi tentang berbagai kisah dari para sahabat nabi, seperti kisah mengharukan sayyidina Umar, Nasihat-nasihat dari Imam Ali dan lain sebagainya. Oleh karna itu tergerak hati saya untuk mengumpulkan kisah-kisah tentang Abu bakar juga, yang insyaAllah beberapa hari kedepan, saya akan berbagi banyak tentang kisah Beliau RadhiYallahu'anhu di blog Pojok Motivasi ini.

Berikut adalah kisah Abu Bakar Vs Ulama Yahudi, semoga kita bisa lebih mengenal sosok sahabat sekaligus mertua dari Nabi Kita Muhammad Rasulullah.

Orang-orang Yahudi berkumpul dan merencanakan makar terhadap Rasulullah Shallallahualaihi wasalam, mereka memperoleh cap dari Allah dan rasul-NYA seperti binatang babi yang melukai hati dan anggota badan.

Secara tiba-tiba Abu Bakar melihat mereka mengerumuni ulama mereka yang biasa mereka sebut Finhash ( sebutan bagi tokoh agama mereka )

Abu Bakar lalu berkata kepadanya, “celakalah engkau wahai finhash! Bertakwalah kepada Allah dan masuk islamlah Engkau! Demi Allah, sesungguhnya engkau akan mengetahui bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Beliau telah datang kepadamu dan membawa kebenaran dari sisi-NYA. Kalian akan mendapatkan itu dalam kitab taurat dan injil.”

Finhash menjawabnya dengan kasar. “ Demi tuhan wahai Abu Bakar! Kami tidak membutuhkan Allah, tetapi Allah-lah yang membutuhkan kami, Kami adalah orang-orang yang tidak membutuhkan sesuatu dari-NYA, kami tidak akan meminjamkan harta-harta kami sebagaimana dinyatakan oleh sahabat kamu, Dia melarang riba kepada kalian, tetapi Dia memberikannya kepada kami.”

Mendengar hal itu, Abu bakar marah lalu memukulnya dengan keras dan menghardiknya, “ Demi zat yang diriku berada dalam genggaman-NYA kalaulah tidak karena perjanjian antarai kami dengan kalian, maka aku akan memenggal lehermu wahai musuh Allah .”

Setelah kejadian itu finhash menghadap rasulullah dan mengadukan tindakan yang telah dilakukan Abu Bakar kepadanya, sambil menangis, “ Wahai Muhammad, lihatlah perbuatan sahabatmu “. Kemudian Rasulullah Shallallahualaihi Wasalam bertanya kepada Abu bakar yang saat itu sedang bersama beliau, “ Apa yang menjadi alasanmu Wahai Abu Bakar, sehingga melakukan perbuatan itu?”.

Abu Bakar Menjawab, “ Wahai Rasulullah, sesungguhnya musuh Allah ini mengatakan Allah fakir dan mereka Kaya. Oleh karna itu, aku marah lalu memukul wajahnya .”

Finhas membantah perkataan abu Bakar, “ Wahai Muhammad! Sungguh dia telah berbohong, kami tidak mengatakan hal itu.”

Tetapi kemudian Allah menurunkan ayat yang membantah perkataan Finhash dan membenarkan perkataan Abu Bakar,

“ Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang, 'sesungguhnya Allah miskin dan kami Kaya', kami akan mencatat perkataan itu, dan perbuatan mereka membunuh nabi-nabi tanpa alasan yang benar, dan kami akan mengatakan kepada mereka, ' Rasakanlah olehmu Azab yang membakar'.” (Qs. Ali Imran(3) :181)

sirah ibnu hisyam (jilid 2, hal.207-208)

Demikian,,,, Waalaikum salam

Comments

  1. happy new year bang... semoga POJOK MOTOVASINYA semakin bermakna ditahun mendatang.. :)

    wah, jadi penasaran lanjutannya. nah, setelah mendapatkan wahyu yang membenarkan abu bakar.. apa tindakan Rosululloh pada finhash itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks ya Liyan...semoga saja bisa lebih bermanfaat lagi

      ou ya belum sempat blogwalking nech.....net-nya masih tersendat-sendat nech...

      Delete
  2. mank boleh orang islam ngucapin slamat tahun baru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya yakin selama itu dalam bentuk doa, dan ditujukan kepada sesama muslim itu bukanlah hal yang membuat kita berdosa....memang itu tidak dilakukan oleh orang-orang terdahulu, tapi tidak ada larangan juga, selama itu memiliki makana positif, seperti disertai doa dan lain sebagainya, dan selama ucapan selamat ini bukan untuk orang kafir...allahua'lam

      Delete
  3. Subhanallah.. ane gatau kok rasanya blog kita beneran Brother's Blog ya?! :shakehand

    soale ampir setiap topik yang dibahas di sini seperti saling sahut dengan yang ada di sarang nih.. asli.. belakangan ini ane ama Guru baru aja bahas soal keutamaan Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq yang memang pembela teguh Rasulullah. :rate5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masa sie kang Jadi :malu

      kebeteluan kemarin, beberapa hari yang lalu, dak sengaja saya lihat buku berisikan kisah-kisah abu Bakar Ass-shiddiq Kang, dan saya kira dak ada salahnya saya share kisah-kisah beliau di sini.... :cendol

      Delete
  4. Maaf sebaiknya jgn sampai salah tulis huruf-hurufnya takut di salah artikan.wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Kang Coker, sudah diingatkan.......

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.