Beberapa Nasihat Ibnu Athoillah Dalam Kitab Al-Hikam

al-hikam

Berikut ini adalah beberapa petikan Nasihat Ibnu Athoillah dalam Kitab Al-Hikam yang saya ambilkan secara random. Bagi yang belum memiliki kitabnya silahkan bisa di download versi Ebooknya di halaman Pojok Download situs ini.

"Allah mendatangkan gangguan lewat tangan manusia agar kau tidak merasa tentram bersama mereka. Dia ingin membuatmu kesal terhadap segala sesuatu agar tidak ada yang melalaikannmu dari-NYA." Ibnu Athoillah

Dalam Latha'if Al-Minan disebutkan "Aku mengetahui bahwa para wali pada awalnya dikuasai oleh  mahluk. Itu terjadi agar mereka bisa mensucikan diri dari sisa-sisa kotoran dan menyempurnakan keistimewaan mereka agar selanjutnnya mereka tidak lagi merasa tentram dengan mahluk, cendrung kepada mereka, dan bersandar kepada mereka. Penguasaan mahluk atas para wali Allah di awal langkah mereka adalah sunatullah bagi para kekasih-NYA dan bagi orang-orang pilihan-NYA. "

Siapa yang menyakitimu, berarti dia telah membebaskanmu dari perbudakan utang budimu atas kebaikan yang telah diberikannya kepadamu. Siapa yang berbuat baik kepadamu berarti ia telah memperbudakmu dengan kebaikan kebaikannya.

Abu al-Hasan asy-Syadzili berkata, " Orang-orang menyakitiku sehingga aku merasa tertekan karenanya. Setelah itu aku tertidur dan bermimpi. Didalam mimpi itu ada orang yang berkata kepadaku bahwa diatara tanda ketulusan seseorang adalah banyaknya musuh yang membencinya, namun ia tidak memperdulikan mereka." 

Comments

Popular posts from this blog

10 Cara Efektif Mencegah Tawuran antar Pelajar

Kisah Mengharukan Sayyidina Umar bin Khattab ra.

Downlaod Terjemahan Kitab Ihya Ulumuddin [Imam Al-ghazali]